- See more at: http://kuc0pas.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-postingan-hanya-tampil.html#sthash.Vmi6zrZP.dpuf - See more at: http://kuc0pas.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-postingan-hanya-tampil.html#sthash.Vmi6zrZP.dpuf

Pages

18/05/15

MACAM-MACAM OLAHRAGA


Secara umum pengertian olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Olahraga merupakan sebagian kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan kebugaran yang diperlukan dalam melakukan tugasnya. Olahraga dapat dimulai sejak usia muda hingga usia lanjut dan dapat dilakukan setiap hari.
Dengan majunya dunia teknologi memudahkan semua kegiatan sehingga menyebabkan seseorang menjadi kurang bergerak (hypokinetic), seperti penggunaan remote kontrol, komputer, lift dan tangga berjalan, tanpa dimbangi dengan aktifitas fisik yang akan menimbulkan penyakit akibat kurang gerak. Gaya hidup duduk terus menerus dalam bekerja (sedentary) dan kurang gerak ditambah dengan adanya faktor resiko, berupa merokok, pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit tidak menular, seperti: penyakit jantung, pembuluh darah, tekanan darah tinggi, kencing manis, berat badan lebih, osteoporosis, kanker usus, depresi dan kecemasan. 
Disamping itu olahraga telah menjadi bagian hidup dari sebagian besar masyarakat Indonesia, baik di kota besar maupun di pelosok pedesaan. Maka dari itu peran olahraga dizaman yang serba instan ini memiliki peran yang sangat penting bagi penunjang kesehatan setiap individu maupun kelompok. Seperti yang kita ketahui Olahraga ini memiliki berbagai macam nama atau jenis yang kesemuanya itu memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda diantaranya adalah Olahraga Pendidikan, Olahraga Rekreasi, Olahraga Kesehatan, Olahraga Cacat, Olahraga Penyembuhan, dan Olahraga Prestasi yang selanjutnya akan penulis uraikan sebagai berikut.



1.      Olahraga Pendidikan
Olahraga Pendidikan ialah Ketika seseorang atau sekelompok orang melakukan olahraga dengan tujuan untuk pendidikan maka semua aktivitas gerak diarahkan untuk memenuhi tuntunan tujuan-tujuan pendidikan. Oleh karena itu, olahraga yang bertujan untuk pendidikan ini idenitik dengan aktivitas pendidikan jasmani yaitu dengan media cabang olahraga sebagai pendidikan.
Olahraga Pendidikan biasanya kita temukan disekolah-sekolah dengan implikasinya (penerapannya), diharapkan dalam jangka yang pendek, paling tidak diarahkan para siswa memiliki kebugaran jasmani, kesenangan melakukan aktifitas fisik dan olahraga dan terbentuklah manusia yang sehat secara jasmani.

2.      Olahraga Rekreasi
Olahraga rekreasi ialah olahraga yang mengarah kepada aktivitas gerak yang bertujuan untuk kesenangan dan kegembiraan. Biasanya kita dapat menemukan olahraga rekreasi di tempat-tepat wisata, jenisnya juga semakin berfariasi dari mulai yang berpetualangan sampai dengan yang exstrim. Menurut Sejarah Olahraga di Indonesia, olahraga rekreasi merupakan olahraga yang baru muncul.
Aktivitas rekreasi dapat dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu rekreasi aktif secara fisik, dan pasif secara fisik, biasanya digunakan sebagai pengisi waktu luang oleh sebagian orang.  Contoh beberpa olahraga rekreasi diantarnya : Outbound, Pendakian Gunung, Renang, Jogging, Bersepeda, dan lain-lain.
Pada dasarnya semua cabang olahraga bisa digunakan menjadi olahraga rekreasi asalkan dengan tujuan yang jelas.

3.      Olahraga Kesehatan
Menurut Rusli Lutan (1992:23) Olahraga kesehatan adalah kegiatan fisik yang dilakukan untuk pencapaian derajat sehat yang lebih baik. Sedangkan menurut Menurut Arma Abdulah (1994:23) Olahraga kesehatan adalah kegiatan fisik yang bertujuan untuk memelihara kesehatan dan kondisi jasmani yang baik.
Dari penjelasan beberapa ilmuan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa olahraga kesehatan adalah olahraga untuk memelihara dan atau meningkatkan tingkat kesehatan dinamis maupun statis, tetapi juga sehat serta memiliki kemampuan gerak yang dapat mendukung setiap aktivitas sehari-hari yang bersifat rutin maupun keperluan rekreasi dan mengatasi gawat darurat.

4.      Olahraga Cacat
Berdasarkan Pasal 1 Angka 16 UU Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional dijelaskan bahwa Olahraga Cacat adalah adalah olahraga yang khusus dilakukan sesuai dengan kondisi kelainan fisik dan/atau mental seseorang.
Berdasarkan pendapat yang telah dikemukakan diatas dapat digambarkan definisi cacat yaitu “seseorang yang memiliki kelainan apabila dibandingkan dengan orang yang normal baik dilihat dari  segi fisik, mental, tingkah laku, emosional, dan sosialnya. Perbedaan utama orang yang cacat dengan orang yang normal terletak pada keadaan atau kondisi fisik termasuk alat-alat fisik yang tidak lengkap sehingga ia tidak dapat melakukan tugas dan fungsinya seperti yang dilakukan anak normal.

5.      Olahraga Peyembuhan (Rehabilitas)
Olahraga penyembuhuan/rehabilitasi adalah suatu kegiatan olahraga yang bertujuan untuk pengobatan atau penyembuhan biasanya dikelola oleh tim medis dan hanya untuk kelompok tertentu seperti penderita penyakit jantung koroner, penderita asma, penyembuhan setelah cedera, dan penderita penyakit lainnya yang dianjurkan oleh dokter.
Olahraga rehabilitasi kini semakin berkembang pesat dan banyak digunakan khusunya pada olahraga sepakbola. Kalau kita melihat dalam sepakbola pasti setiap tim ada saja atletnya yang mengalami cedera, entah karena benturan, ataupun kelelahan akibat jadwal pertandingan yang padat. oleh karena itu, Olahraga rehabilitasi diharapkan dapat menyembukan dan memulihkan cedera pada atlet secara cepat serta baik. 

6.      Olahraga Prestasi
Olahraga Prestasi adalah kegiatan olahraga yang dilakukan dan dikelola secara profesional dengan tujuan untuk memperoleh prestasi optimal pada cabang-cabang olahraga. Atlet yang menekuni  salah satu cabang tertentu untuk meraih prestasi, dari mulai tingkat daerah, nasional, serta internasional, mempunyai syarat memiliki tingkat kebugaran dan harus memiliki keterampilan pada salah satu cabang olahraga yang ditekuninya tentunya diatas rata-rata non atlet. Untuk mencapai prestasi tentunya harus tetap berlatih, silahkan baca Pengertian Latihan dalam Olahraga.
Seperti yang tercantum pada ( UU Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional ) Olahraga Prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan  olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolragaan. Olahraga prestasi dapat dicapai dengan pesiapan yang matang dan memerlukan proses yang baik. selain olahraga prestasi ada juga Olahrga Rehabilitasi dan Olahrga pendidikan.





DAFTAR PUSTAKA



4 komentar:

aru mengatakan...

Thank you for the information
http://yvc-i-gc012.blogspot.co.id/

Ninna Dharmawan mengatakan...

Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

Obat Neuropati Perifer mengatakan...

Terimkasih, informasi ini sangat bermanfaat

nikita casanova mengatakan...

http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/06/as-israel-korutdaftar-10-negara-yang.html
http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/06/akan-tes-icbm-korut-as-takkan-berani.html
http://beritapolitikterkini1945.blogspot.com/2017/06/menunggu-gebrakan-polisi-ungkap.html